Dongeng Timun Mas dan Buto Ijo

Timun mas
Dongeng "Timun Mas" adalah sebuah cerita rakyat dari Indonesia. Cerita ini menceritakan tentang seorang wanita tua yang sangat ingin memiliki seorang anak. Suatu hari, ia menemukan sebuah timun yang besar dan mengharapkan agar timun tersebut dapat menjadi anaknya.

Ia mengiris timun tersebut dan terkejut saat melihat sebuah bayi perempuan kecil keluar dari dalamnya. Bayi itu diberi nama Timun Mas. Wanita tua itu merawat Timun Mas dengan penuh kasih sayang.

Namun, ketika Timun Mas tumbuh dewasa, ia diancam oleh seorang raksasa jahat yang bernama Buto Ijo. Raksasa tersebut ingin memakan Timun Mas. Untuk melindungi dirinya, Timun Mas melarikan diri dengan bantuan ibunya.

Timun Mas: Ibu, mengapa saya harus melarikan diri dari raksasa Buto Ijo?

Ibu Timun Mas: Sayangku, Buto Ijo adalah raksasa jahat yang ingin memakanmu. Aku tidak akan membiarkan itu terjadi. Kita harus melarikan diri agar kau selamat.

Timun Mas: Apa yang harus aku lakukan, Ibu?

Ibu Timun Mas: Aku akan memberikan beberapa benda ajaib untuk membantumu. Pertama, ambillah bawang merah dan bawang putih ini. Lemparkan mereka ke belakangmu saat kau berlari. Mereka akan membuat raksasa kebingungan.

Timun Mas: Baik, Ibu. Apa lagi?

Ibu Timun Mas: Selain itu, bawurlah garam di sepanjang jalananmu. Garam akan menghalangi raksasa untuk melacak jejakmu.

Timun Mas: Apakah itu cukup, Ibu?

Ibu Timun Mas: Ada satu lagi. Ini adalah telur ayam ajaib. Ketika kau dalam bahaya, pecahkan telur ini dan panggil gagak penolong. Gagak tersebut akan membantumu.

Timun Mas: Terima kasih, Ibu. Aku akan melakukannya. Aku berjanji akan kembali dan menyelamatkanmu.

Ibu Timun Mas: Hati-hati, sayangku. Aku selalu ada di hatimu. Jadilah kuat dan berani. Aku percaya padamu.

Dengan menggunakan benda-benda ajaib tersebut, Timun Mas berhasil melarikan diri dari Buto Ijo. Ketika mereka hampir selamat, Buto Ijo berhasil menangkap ibu Timun Mas. Namun, Timun Mas menggunakan biji timun ajaib yang tumbuh menjadi pohon dan memerintahkan pohon itu untuk menangkap Buto Ijo.

Akhirnya, Timun Mas dan ibunya berhasil selamat dan hidup bahagia. Mereka kembali ke rumah dan hidup dalam kedamaian. Dongeng "Timun Mas" mengajarkan tentang keberanian, ketekunan, dan kekuatan keluarga.

Itulah cerita singkat tentang dongeng "Timun Mas" dari Indonesia.

0 Comments

Posting Komentar